Sabtu, 09 Maret 2013

TEMPAT MUSTAJABAH DI TANAH SUCI


Ketika kita diberikan kesempatan oleh Allah untuk melaksanakan ibadah haji maupun umroh, alangkah pentingnya apabila kita mengetahui tempat-tempat yang mustajab di tanah haram. Hal ini penting agar do'a yang kita panjatkan akan dapat dikabulkan oleh Allah SWT. Apabila kita berdo'a dan memohon kepada Allah di tempat yang mustajab kemudian juga pada waktu yang mustajab dan juga dibarengi dengan adab berdoa yang benar, insya Allah semua do'a kita akan dikabulkan oleh Allah SWT. Adapun tempat-tempat yang mustajabh di tanah haram adalah sebagai berikut :
  
  • RAUDLOH DI MASJID NABAWI
Rasulullah saw bersabda:“Tempat antara rumahku dan mimbarku adalah taman dari taman-taman surga.” (HR. Muslim)
  • SELURUH TEMPAT DI MASJIDIL HARAM, di antaranya :
           -  MULTAZAM (Antara Pintu Ka’bah dan Hajar Aswad) 
Multazam adalah tempat dikabulkannya doa. Tidak ada satu pun doa seorang hamba di Multazam kecuali akan dikabulkan.” (HR. Ahmad)
-  HIJIR ISMAIL (Di bawah Talang Emas)
Diceritakan dalam kitab Fi Rihaabil Baitil Haram bahwa suatu hari Nabi Ismail menyampaikan keluhan kepada Allah SWT tentang panasnya kota Mekkah. Kemudian Allah swt menurunkan wahyu kepada Nabi Ismail AS, “Sekarang Aku buka Hijirmu salah satu pintu surga yang dari pintu itu keluar hawa dingin untuk kamu sampai hari kiamat nanti”.
-  RUKUN YAMANI
“Ada 70 malaikat yang memegang rukun Yamani. Barangsiapa berdoa, ‘Ya Allah, berilah aku ampunan dan kesehatan di dalam agama, dunia, dan akhirat. Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan jauhkanlah diri kami dari siksa api neraka’ maka 70 malaikat tersebut akan berkata, ‘Amin, kabulkanlah doanya’.” (HR. Ibnu Majah)
-   DI BELAKANG MAQOM IBRAHIM
Dalam kitab Qadhaya al Mar’ah fi al Hajj wa al Umrah, Dr. ‘Ablah Muhammad al Kahlawi menuliskan bahwa “di antara keutamaan Maqam Ibrahim ialah dikabulkannya setiap doa yang dipanjatkan disana”
-  DI BUKIT SHOFA DAN MARWA
Dalam kitab Qadhaya al Mar’ah fi al Hajj wa al Umrah, Dr. ‘Ablah Muhammad al Kahlawi menuliskan bahwa “di antara keutamaan Maqam Ibrahim ialah dikabulkannya setiap doa yang dipanjatkan disana”
-  DI DEPAN HAJAR ASWAD
-  DI DALAM KA’BAH
DI SUMUR ZAM-ZAM
-  DI MAS'ARIL HARAM (DEKAT MINA)
-  KETIKA WUKUF DI PADANG ARAFAH
-  KETIKA MELEMPAR JUMROH ULA, WUSTHO DAN 'AQOBAH

Tidak ada di atas permukaan bumi ini satu negara mana pun yang paling di-ijabah untuk berdoa, keculai pada 15 tempat di Mekah dan sekitarnya, yaitu : 1) di dalam Kabah, 2) di depan Hajar Aswad, 3) di depan Rukun Yamani, 4) di bawah talang emas (mizab), 5) di Hijir Ismail, 6) di depan Multazam, 7) di belakang Maqam Ibrahim, 8) di sumur Zamzam, 9) di Safa, 10) di Marwah, 11) di Masy'arilram (dekat Mina), 12, sewaktu wukuf di Padang Arafah, 13) di Jumrah Aqabah, 14) di Jumrah Wustha, dan 15) di Jumrah Ula." (Hadis Rasulullah, diriwayatkan oleh Imam Thabrani).
Insya Allah apabila kita memperhatikan segala perilaku kita ketika melakukan ibadah haji maupun umroh, memenuhi rukun, wajib maupun sunah dan meninggalkan segala yang menjadi larangan dalam beribadah haji dan umroh, seraya selalu berdoa khususnya pada waktu-waktu dan ditempat yang mustajabah dan hanya mengharap ridho dari Allah kita akan mendapatkan predikat haji maupun umroh yang mambrur yang akan membawa kebaikan setelahnya baik di dunia sampai besok di akhirat.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar