Jumat, 17 Mei 2013

TIPS BISA MENCIUM HAJAR ASWAD

Hajar Aswad merupakan salah satu bagian bangunan penting di dalam Ka'bah, tepatnya menempel di pojok tenggara bangunan Ka'bah. Dari titik dan garis sejajar lurus dengan Hajar Aswad inilah dimulainya rukun thawaf bagi mereka yang melaksanakan haji ataupun umroh. Dalam sejarahnya Hajar Aswad merupakan sebuah batu dari surga melalui malaikat Jibril as. Dahulu hajar aswad berwarna putih dan akibat dosa-dosa manusialah batu yang putih itu berubah menjadi hitam, seperti dinyatakan dalam sebuah hadits yang artinya "Hajar Aswad itu diturunkan dari surga, warnanya lebih putih dari susu, dan dosa-dosa anak cucu Adam-lah yang membuatnya menjadi hitam". Dan karena warnanya hitam inilah sehingga akhirnya batu tersebut dinamakan sebagai Hajar Aswad yang artinya adalah batu hitam. Dalam sebuah penelitian diungkapkan bahwa batu Hajar Aswad ini ternyata merupakan batu tertua di muka bumi dan bisa mengambang dalam air.

Diungkapkan lebih lanjut bahwa di sebuah museum di negara Ratu Elizabeth, terdapat tiga buah potongan dari batu Hajar Aswad dari Ka'bah (tidak disebutkan mengapa batu tersebut bisa sampai di sana) dan pihak museum menyatakan bahwa batu tersebut bukan bersumber dari sistem tata surya kita. Ada sebuah perlakuan khusus yang dilakukan Nabi Muhammad SAW terhadap batu ini ketika melakukan thawaf yaitu beliau mencium batu ini ketika sampai di hadapan batu ini. Mencium Hajar Aswad sendiri oleh para 'ulama dihukumi sebagai sebuah kesunatan yang baik apabila bisa dilaksanakan, akan tetapi hal itu tidak menjadi syarat sah dalam melakukan thawaf. Dalam sebuah riwayat disebutkan yang artinya "Umar ra. ketika mencium Hajar Aswad berkata : Sungguh aku mengetahui bahwa engkau batu tidak membahayakan dan tidak berguna, dan andaikan aku tidak melihat Nabi SAW menciummu maka aku tidak akan menciummu". (HR. Bukhori Muslim) (Disebutkan oleh Imam Bukhori dalam Kitab Haji (25) pada Bab Dzikir ketika Di Hajar Aswad (50)).

Dalam hadits yang lain disebutkan juga yang artinya "Nabi SAW thawaf dalam hajjatul wada' berkendaraan onta dan menyentuh Hajar Aswad dengan tongkat (muhjan)". (HR. Bukhori Muslim). Dikarenakan adanya kesunatan untuk mencium Hajar Aswad inilah para jamaah haji ataupun umroh dapat dipastikan mempunyai keinginan untuk dapat melakukan kesunatan tersebut dan berlomba-lomba untuk dapat mencium atau menyentuh Hajar Aswad. Dan alam prakteknya tidak sedikit dari para jamaah itu yang tidak memperhatikan keselamatan baik diri maupun para jamaah lain yang juga berebut untuk dapat mencium Hajar Aswad tersebut demi mendapatkan sebuah kesunatan sebagaimana yang dilakukan Nabi Muhammad SAW.

Selanjutnya dikarenakan pada saat ini animo kaum muslimin untuk melaksanakan ibadah haji maupun umroh sangat luar biasa besar, maka mencium Hajar Aswad menjadi sesuatu yang sulit untuk dilakukan karena saking berjejalnya jamaah yang melakukan thawaf. Diperlukan strategi khusus agar jamaah bisa melakukan kesunatan untuk mencium Hajar Aswad ini, dan inilah tips agar jamaah bisa mencium Hajar Aswad :
  1. Ambil waktu yang kondisi sekitar ka'bah tidak terlalu padat, ini biasanya terjadi pada saat ketika siang terik atau jam 11 siang, jam 14 siang atau ketika awal sepertiga malam terakhir atau sekitar jam 1 sampai jam 3 dini hari.
  2. Pastikan kondisi fisik prima pada saat itu, hal ini penting karena dibutuhkan stamina yang prima ketika berdesakan untuk mendekat ke titik Hajar Aswad.
  3. Jangan membawa barang berharga, karena pepatah mengatakan ada gula ada semut, jadi adanya banyak orang yang berdesak-desakan menjadikan terjadinya kerawanan, baik karena kecopetan maupun jatuh akibat banyaknya orang yang berdesak-desakan.
  4. Pastikan cara berpakaian ihrom yang benar dan kuat, apabila pakaian ihrom yang kita gunakan tidak benar dan kuat nanti justru akan merepotkan kita sendiri, terlebih kalau waktu melaksanakan thawaf yang rukun ketika haji maupun umroh, karena pakaian yang kita pakai hanya dua lembar saja yaitu yang kita sarungkan dan yang kita selempangkan. Jangan sampai karena keinginan kita untuk melakukan sebuah kesunatan justru kita akan menuai malu karena aurat kita terbuka.
  5. Jangan gunakan joki atau calo, sebab di sekitar Hajar Aswad pada saat ini banyak sekali calo yang menawarkan jasa untuk menuntun anda mendekati Hajar Aswad, sekali lagi jangan pernah menggunakan jasa calo ini karena nanti akan banyak real anda yang terkuras.
  6. Apabila anda bisa mencium Hajar Aswad maka lakukanlah dan jangan lama-lama dalam mencium batu tersebut, karena banyak sekali jamaah yang antri yang juga ingin mencium batu tersebut.
  7. Hindari menyakiti sesama jamaah, ini justru paling penting karena untuk apa kita melakukan sebuah kesunatan tetapi justru menyakiti dan mencelakakn orang lain yang hal itu merupakan sebuah dosa.  
Beberapa tips tersebut mungkin dapat membantu para jamaah untuk dapat melaksanakan salah satu kesunatan yaitu mencium Hajar Aswad, tetapi jikalau memang kita belum diberi kesempatan untuk bisa mencium Hajar Aswad ketika kita berhaji atau berumroh, maka tidak usah berkecil hati karena selain melakukan hal tersebut sebenarnya masih banyak kesunatan yang lain yang dapat kita laksanakan dengan resiko yang lebih kecil, seperti sholat di belakang maqom Ibrahim, di dalam Hijir Ismail atau kesunatan yang lainnya. Dan yang terpenting hal-hal tersebut tidak eakan mengurangi sahnya kita dalam melakukan thawaf walaupun apabila bisa kita lakukan merupakan suatu yang baik. Walahua'lam.

1 komentar :

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    BalasHapus